Kamis, 04 Februari 2010

CARA MELAJUKAN MOTOR

cara melajukan motor

Kita perlu bikin pengapian yg baik, semakin bagus apinya bakarnya jg sip, trs bikin sempurna tarikan motornya.Yang diperhatikan dalam memperbaiki pengapian :
1. CDI Racing
2. Coil Racing
3.Perkopling racing (SPRING CLUTCH)
Kalo lo penasaran juga maen di karburator...

Membubut magnet justru akan menurunkan torsi motor.memang motor pd keadaan statis/gigi netral, putaran mesin terasa enteng dan cepat meraih putaran tinggi.tp begitu di ajak jalan, tarikan motor ngempos, karena kehilangan torsi akibat pemapasan magnet.lebih baik km ganti spul+pulser tipe racing, juga CDInya.performa motor km bs meningkat.

Tekanan kompresi pada mesin akan berkurang atau bahkan hilang bila ada kebocoran pada ruang bakar (ruang kompresi), dan ini bisa disebabkan oleh :
-Ring piston patah.
-Kesalahan pemasangan ring piston.
-Piston cacat (retak dsb).
-Dinding Silinder cacat/baret.
-Mesin pernah mengalami extreem overheating.
-Packing/gasket antara silinder head dengan silinder blok sudah cacat, patah dsb.
-Seating Valve cacat/kotor karena kerak dsb.
-Valve/klep cacat/retak dsb.
-Setting camshaft yg kurang tepat.
-Air filter pada karbu sudah terlalu kotor.
-Busi cacat/retak atau threadnya yg cacat (selek istilah bengkelnya).
T-imming gear/chain yg sudah cacat/kendor/aus dsb.
-Silinder head atau bahkan silinder blok, retak (kemungkinan terjauh).

Dari beberapa kemungkinan di atas, bisa juga terjadi karena :
Penggunaan BBM yg tidak bersih atau kurang tepat.
Kurangnya perawatan pada karbu.
-Kesalahan saat overhaul mesin atau saat ngopreknya.
-Sistem pendingin pernah tidak bekerja dengan semestinya (fail).
-Kesalahan pada saat setting sistem mekanis mesin.
-Kebocoran sistem pelumasan sehingga pelumas pernah masuk ke ruang bakar.
-Memang cukup rumit bila dianalisa secara umum (sekilas), namun ini semua ada keterkaitannya dengan pengetahuan dasar four stroke internal combustion engine.

Untuk ngukur kompresi motor kita bisa pake alat yang namanya compression gauge, caranya ujung pengukur alat ini dipasang di lubang busi trus motor di stater beberapa detik dengan electric stater trus tinggal liat deh jarumnya di gaugenya sampe menunjukan angka yang stabil, sesuaikan sama kompresi motor waktu di cek yang ada di buku manual, tekanannya min 490kpa standar 560kpa maksimal 630 kpa di 500rpm

CARA MENAIKKAN KOMPRESI :
1. Mengganti piston dengan model racing
2. Mendekatkan deck clearance.
3. Membubut Head.
4. Mengelas Head.
5. Membubut Blok dan Piston.

CARA MENURUNKAN KOMPRESI :
1. Merimer dome pada head.
2. Memperdalam coakan klep pada piston.
3. Membubut piston.

KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :
1. Power mesin meningkat.
2. Final gear menjadi berat
.3. Power mesin terasa dari putaran bawah sampai atas.

KERUGIAN MENGGUNAKAN KOMPRESI TINGGI :
1. Mesin menjadi cepat panas .
2. Engine break menjadi besar dan kasar.
3. Apabila perhitungan kompresi tidak tepat, sering terjadi detonasi.

Untuk mengetahui / menghitung perbandingan kompresi (CR) dari satu mesin, kita perlu mengetahui dulu volume silinder yang akan dikerjakan.

2 komentar:

  1. jadi cra melajukan mtor drag kyk mna ?
    kurang ngerti ne saiia ..

    BalasHapus
  2. Saya pakai rgv kes piston bocor last semua enjen dia org bkk...mcm mna nk baiki smula..anta ksai asik kna tipu...

    BalasHapus